Harga Kamera Panasonic Lumix DC-G9 Terbaru Juni 2019

Posted on

Harga Panasonic Lumix DC-G9 – Akhir tahun 2017, Panasonic secara resmi merilis varian kamera mirrorless terbaru mereka yang diberi naaman DC-G9. Lumix G9 adalah kamera mirrorless high-end yang ditujukan untuk fotografer semi profesional yang menghadirkan kualitas foto terbaik dan pemotretan tercepat.

Kamera ini dibekali dengan 20 megapiksel Micro Four Thirds sensor dari GH5 dengan low pass filter untuk hasil yang lebih tajam. Di Indonesia, harga kamera Panasonic DC-G9 ini dibanderol cukup mahal, yaitu sebesar 22 jutaan.

Hal ini dikarenakan kemampuan kamera dalam mengambil gambar terus menerus mencapai 20fps dengan continuous autofocus dan 50-frame RAW buffer menggunakan electronic shutter atau 60fps dengan single AF. Menariknya lagi, mirrorless camera ini juga mampu merekam video 4K (3840 x 2160) hingga 60fps, dengan bit rate 150Mbps dan output warna 4: 2: 0 8-bit.

Spesifikasi dan Harga Kamera Panasonic Lumix DC-G9 TerbaruHarga Kamera Panasonic DC-G9 Terbaru

Hadirnya DC-G9 ini juga menjadi bukti akan kemampuan Panasonic yang mampu bertahan hingga 10 tahun semenjak mereka memproduksi kamera mirrorless pertama kali. Berbeda dengan Lumix GH5 yang diakui oleh videografer, Lumix G9 hadir untuk memenuhi permintaan fotografer profesional.

Ini juga menjadi bukti bahwa G9 berada disamping GH5 sebagai kamera utama Panasonic stills di G-series. Lumix G9 mewarisi sensor Live MOS 20,3 megapiksel yang sama dari Lumix GH5. G9 menghilangkan filter anti-aliasing untuk memaksimalkan resolusi. 

Agar hasil kamera mirrorless ini memiliki kualitas gambar tertinggi, Panasonic melakukan beberapa perubahan pada algoritma pemrosesan. Ini bertujuan untuk meningkatkan resolusi dan menghasilkan peningkatan 25% dalam rentang dinamis.

G9 juga dibekali dengan fitur Mode Resolusi Tinggi. Fitur tersebut membuat kamera mampu menangkap total delapan bidikan dalam beberapa detik. Kemudian menggabungkannya untuk menyimpan dalam format RAW atau JPEG.

Hasil akhirnya adalah gambar 80,6 megapiksel yang dikemas secara signifikan. Gambar menjadi lebih detail daripada yang bisa ditangkap dalam satu tembakan di resolusi asli kamera 20,2 megapiksel. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Olympus E-PL9 TerbaruHarga Panasonic DC-G9 Terbaru

Menariknya lagi, Panasonic DC-G9 juga disematkan Image Stabilizer 5-axis Dual I.S 2. Sistem akan bekerja dengan cara menggabungkan stabilisasi 2-axis dari lensa (jika tersedia) dengan stabilisasi 5-axis dari badan kamera.

Sehingga memungkinkan untuk menggunakan 6,5 kali lipat durasi eksposur yang berarti anda dapat menggunakan kecepatan rana 6,5-stop slower hingga tele-end. Sistem stabilisasi gambar juga bekerja pada perekaman foto dan video, termasuk 4K video.

Rentang ISO yang dimiliki G9 mulai dari ISO 200 hingga 25.600, dengan pengaturan ISO 100 yang lebih rendah yang dapat diperpanjang. Kemampuan pengambilan gambar continue juga mengesankan. Lumix G9 mampu mengambil gambar 12fps sebanyak 60 frame pada format Raw atau 60fps untuk 50 frame Raw dengan mengaktifkan shutter elektronik kamera.

Bila kamera dirubah kedalam mode AF kontinyu (AF-C), kamera mampu mengambil gambar hingga 9fps dengan menggunakan shutter mekanis atau 20fps dengan menggunakan shutter elektronik. Ini tidak hanya berlaku pada format JPEG saja, tetapi juga ketika memotret dalam format mentah. Kemampuan ini tidak lepas dari prosesor gambar Venus yang semakin melengkapi spesifikasi Panasonic DC-G9. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Kamera Canon EOS M50 TerbaruSpesifikasi Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9

Agar hasil foto Panasonic DC-G9 lebih maksimal, kamera menggunakan sistem AF Depth From Defocus (DFD). Panasonic G9 menggunakan sistem Contras AF 225 titik yang memiliki kecepatan fokus 0,04 detik. Sistem fokus ini sensitif terhadap tingkat cahaya serendah -4EV hingga hingga 18EV.

Dengan sistem AF yang terpasang, kamera masih mampu berkerja dengan baik meskipun dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Ada beberapa macam mode AF yang bisa anda gunakan. Seperti multiple area AF dengan 225 area fokus, 1-area AF dengan area fokus yang dapat dipilih, Deteksi Wajah / Mata, Pelacakan AF, Custom Multi dan Pinpoint AF.

Seperti namanya, mode Custom Multi AF memungkinkan anda untuk mengonfigurasi titik AF dari berbagai opsi dan pola dan anda dapat menyimpan hingga 4 pilihan saat mode AFF dipilih. Seperti yang diharapkan, kemampuan merekam video G9 juga sudah ditingkatkan.

Kamera mampu merekam video 4K (3840 x 2160) hingga 60fps, dengan bit rate 150Mbps dan output warna 4: 2: 0 8-bit. Video Slow Motion juga dapat dilakukan hingga 180fps pada kualitas Full HD. Lalu ada juga fitur mode Photo 6K Photo dan 4K yang bisa anda gunakan. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Fujifilm GFX 50S TerbaruPanasonic DC-G9 Review Indonesia

Pada fitur Photo 6K, terpadat 3 fungsi yang bisa nada coba yaitu 6K Burst Shooting, 6K Burst (Start / Stop) dan 6K Pre-burst. Untuk fungsi 6K Burst memungkinkan anda untuk terus merekam gambar 18 megapiksel pada 30fps.

Fungsi 6K Pra-Burst melakukan hal yang sama tetapi untuk satu detik sebelum dan satu detik setelah menekan tombol rana secara berurutan yang memberikan anda 60 bingkai untuk dipilih.

Sedangkan untuk fungsi 6K Burst (S / S) memungkinkan anda untuk memutar video anda, berhenti di saat yang dipilih, dan menggunakan tombol rana untuk menandai bingkai yang dipilih dari video dan menyimpannya sebagai frame 18 megapiksel tunggal.

Panasonic DC-G9 juga menawarkan opsi yang sama untuk 4K Photo, yang menggandakan kecepatan tangkap hingga 60fps tetapi menurunkan resolusi efektif hingga 8 megapiksel. Pada generasi terbaru ini, tidak hanya tahan benturan dan tahan debu, tapi juga tahan sampai terhadap suhu mini hingga -10° C.

Kualitas viewfinders elektronik juga meningkat. Tidak hanya menawarkan resolusi 3680-kdot yang mengesankan, ia memiliki perbesaran hingga 0,83x (setara 35mm) dan eyepoint 21mm (dari lensa jendela bidik). Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Panasonic DC-GF9K TerbaruReview Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9

Sedangkan dibagian belakang, terdapat layar vari-angle G10 3 inci 1040-kdot. Monitor dapat diputar di sisi kiri kamera dan dapat diputar keluar dan dipelintir hingga 270 derajat. Fungsi layar ini juga masih sama dan menawarkan cara alternatif untuk menavigasi menu, menyetel titik fokus dan mematikan rana.

Di atas antarmuka ada USB 3.0 Micro-B dan HDMI Type-A G9. Anda juga akan menemukan port mikrofon 3,5 mm dan soket headphone 3,5 mm di balik flap karetnya sendiri. G9 mendapatkan slot kartu SD ganda yang keduanya kompatibel dengan UHS-II untuk menangani kecepatan data tinggi yang diperlukan.

Plus, ada opsi konektivitas Bluetooth Low Energy 4.2 yang menjaga konsumsi daya dan Wi-Fi yang kompatibel dengan 2.4 dan 5GHz. Wi-Fi juga mendukung standar 802.11a / n / ac yang jauh lebih cepat dalam mentransfer gambar ke perangkat mobile yang menjalankan aplikasi gambar Panasonic yang canggih. 

Sedangkan untuk daya tahan, Panasonic DC-G9 dibekali dengan baterai DMW-BLF19E dengan kemampuan bertahan hingga 380 tembakan percharge. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai lebih lama lagi, anda juga dapat mengaktifkan mode Hemat Daya LVF. Dengan fitur ini, kamera mampu bertahan lebih lama hingga 890 tembakan percharge. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Kamera Fujifilm X-Pro2 Terbaru

Hasil Foto Kamera Mirrorless Panasonic Lumix DC-G9Hasil Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9

Hasil Jepretan Panasonic DC-G9

Hasil Jepretan Kamera Panasonic DC-G9

Hasil Foto Panasonic DC-G9

Hasil Foto Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9

Sebagai kamera mirrorless terbaik, tentu Panasonic tidak main-main dalam memberikan fitur dan spesifikasi, termasuk harga. Berbicara mengenai harga kamera Panasonic DC-G9 ini, dibanderol sebesar 22 jutaan. Mahalnya harga, sesuai dengan fitur dan spesifikasi yang diusung oleh Panasonic. Sehingga hasil jepretan Panasonic DC-G9 tidak akan mengecewakan anda. Baca Juga : Spesifikasi dan Canon EOS M100 Terbaru

Spesifikasi Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9

Body type
Body type SLR-style mirrorless
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 5184 x 3888
Image ratio w:h 1:1, 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 20 megapixels
Sensor photo detectors 22 megapixels
Sensor size Four Thirds (17.3 x 13 mm)
Sensor type CMOS
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 200-25600 (expands to 100-25600)
Boosted ISO (minimum) 100
White balance presets 5
Custom white balance Yes (4 slots)
Image stabilization Sensor-shift
CIPA image stabilization rating 6.5 stop(s)
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, standard
File format JPEG (Exif v2.31)
Raw (Panasonic 12-bit RW2)
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor)
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom Yes (2x-4x)
Manual focus Yes
Number of focus points 225
Lens mount Micro Four Thirds
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3″
Screen dots 1,040,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Electronic
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 1.66× (0.83× 35mm equiv.)
Viewfinder resolution 3,680,000
Photography features
Minimum shutter speed 60 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Maximum shutter speed (electronic) 1/32000 sec
Exposure modes iAuto
Program
Aperture priority
Shutter priority
Manual
Built-in flash No
External flash Yes (via hot shoe or flash sync port)
Flash modes Auto, Auto/Red-eye Reduction, Forced On, Forced On/Red-eye Reduction, Slow Sync., Slow Sync./Red-eye Reduction, Forced Off
Flash X sync speed 1/250 sec
Drive modes Single
Continuous I/II
6K Photo
Post Focus
Self-timer
TIme-lapse
Continuous drive 20.0 fps
Self-timer Yes
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV steps)
AE Bracketing ±3 (3, 5, 7 frames at 1/3 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
WB Bracketing Yes
Videography features
Format MPEG-4, AVCHD, H.264
Modes 3840 x 2160 @ 60p / 150 Mbps, MP4, H.264, Linear PCM
3840 x 2160 @ 30p / 100 Mbps, MP4, H.264, AAC
3840 x 2160 @ 23.98p / 100 Mbps, MP4, H.264, AAC
1920 x 1080 @ 60p / 28 Mbps, MP4, H.264, AAC
1920 x 1080 @ 30p / 20 Mbps, MP4, H.264, AAC
1920 x 1080 @ 60p / 28 Mbps, AVCHD, MTS, H.264, Dolby Digital
1920 x 1080 @ 60i / 24 Mbps, AVCHD, MTS, H.264, Dolby Digital
1920 x 1080 @ 60i / 17 Mbps, AVCHD, MTS, H.264, Dolby Digital
1920 x 1080 @ 23.98p / 24 Mbps, AVCHD, MTS, H.264, Dolby Digital
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types Dual SD/SDHC/SDXC slots (UHS-II supported)
Connectivity
USB USB 3.0 (5 GBit/sec)
USB charging Yes
HDMI Yes
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11ac + Bluetooth
Remote control Yes (wired or via smartphone)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description DMW-BTC13 lithium-ion battery & USB charger
Battery Life (CIPA) 400
Weight (inc. batteries) 658 g (1.45 lb / 23.21 oz)
Dimensions 137 x 97 x 92 mm (5.39 x 3.82 x 3.62″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS None

Harga Kamera Mirrorless Panasonic DC-G9 Terbaru

Varian Kamera Harga
Panasonic Lumix DC-G9 Body Only Rp. 22.999.000

Demikian ulasan singkat mengenai Spesifikasi dan Harga Panasonic DC-G9 Terbaru yang bisa saya berikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda dalam mencari kamera mirrorless yang sesuai dengan kriteria anda. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Panasonic Lumix DMC-G85 Terbaru

Perlu anda ketahui, harga yang tertera diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Sesuai dengan kebijakan dari Panasonic dan Toko Kamera yang menjual kamera tersebut. Terima kasih.