Spesifikasi dan Harga Olympus OM-D E-M1X Terbaru Mei 2019

Posted on

Harga Olympus OM-D E-M1X – Olympus OM-D E-M1X adalah kamera mirrorless profesional terbaru yang menawarkan keandalan dan kinerja yang ditingkatkan. Dia menggunakan sistem kamera paling ringkas dan ringan di kelasnya. EM1X memiliki sensor Live MOS 20,4 megapiksel yang dipadukan dengan stabilisasi gambar terbaik di dunia.

Kamera juga mampu melakukan pemotretan burst hingga 60fps tanpa menggunakan AF dan 18fps dengan AF penuh. EM1X memiliki mode resolusi tinggi 80 megapiksel multi-shot, stabilisasi gambar 7.5-stop, Daya tahan baterai 2.580 shot, LCD layar sentuh vari-angle 3,0 inci dengan resolusi 1.037K titik, anti-cuaca penuh dan perekaman video Cinema 4K.

Belum lagi adanya dua prosesor gambar TruPicVIII yang semakin melengkapi spesifikasi Olympus OM-D E-M1X. Meskipun jendela bidik elektronik (EVF) tidak memiliki resolusi tertinggi pada 2,36 juta titik, tetapi dapat memberikan kinerja pembesaran tertinggi hingga 0,83x (setara 35mm). Dengan spesifikasi dan teknologi terbaru, harga Olympus OM-D E-M1X ini dibanderol sebesar 42 juta.

Spesifikasi dan Harga Kamera Mirrorless Olympus OM-D E-M1X TerbaruHarga Olympus OM-D E-M1X Terbaru

Kamera mirrorless seri Olympus E-M1 dirancang dengan konsep untuk fotografer profesional, terutama pada saat bepergian. Sayangnya M1X memiliki bobot 1,7 kali lebih berat dari E-M1 II. Hal itu dikarenakan adanya grip bawaan dan serangkaian kontrol untuk pemotretan.

M1X dibuat dari paduan magnesium yang sudah melewati pengujian ketahanan air IPX1. Selain tahan cipratan, kamera juga tahan debu dan tahan beku hingga 14° C (-10° C). Bagan body kamera menggunakan pipa panas internal yang dirancang untuk menyalurkan panas dari sensor gambar dan keluar dari kamera.

Di jantung Olympus E-M1X terdapat sensor CMOS dengan resolusi 20,4 megapiksel untuk ukuran gambar maksimum 5.184 x 3.888 piksel. Sensor ini memiliki ukuran 17,4 x 13mm dan memiliki rasio aspek 4:3. Sensor gambar Olympus E-M1X tidak dilapisi dengan filter low-pass optik. Sehingga resolusi per-pixel harus dimaksimalkan, meskipun ini akan mengorbankan peningkatan risiko moiré dan artefak warna palsu.

M1X memiliki mode Pemotretan Resolusi Tinggi yang menghasilkan gambar JPEG 25 atau 50 megapiksel dan file mentah 80 megapiksel. Pada fungsi Handheld juga memiliki resolusi yang sama dengan pengecualian file mentah yang dibatasi pada 50 megapiksel juga. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Fujifilm X-T3 TerbaruSpesifikasi Olympus OM-D E-M1X

Menariknya lagi, mirrorless camera ini memiliki sepasang prosesor TruePic VIII untuk menggandakan kemampuan. Tidak hanya itu, ia juga memungkinkan untuk slot kartu SD yang kompatibel dengan UHS-II. Setiap prosesor TruePic VIII hanya dapat mempertahankan satu slot UHS-II dengan sendirinya.

TruePic VIII memiliki desain dual quad-core, itu berarti E-M1X memiliki total empat prosesor quad-core untuk dimainkan. Dengan kehebatan ini pasti akan memberikan pengaruh besar pada kinerjanya. Sehingga hasil jepretan Olympus OM-D E-M1X pastinya tidak akan mengecewakan.

Dengan fokus dan pencahayaan terkunci dari frame pertama, kecepatan burst memuncak pada 15 frame per detik, dan bahkan jika mereka berbeda di antara frame, E-M1X masih dapat mengambil gambar 10 frame per detik. Bila menggunakan shutter elektronik kamera dapat mengambil 60 file mentah beresolusi penuh per detik dengan fokus dan pencahayaan dikunci dari frame pertama serta 18 file dengan AF dan AE di antara frame.

Pada mechanical shutter, kecepatan burst mencapai 15 fps. E-M1X dapat menangkap 103 file mentah atau 132 JPEG besar / normal dalam satu ledakan, masing-masing naik dari 84 dan 117, di E-M1 II. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Sony A7S TerbaruReview Olympus OM-D E-M1X Indonesia

Untuk melengkapi spesifikasi Olympus OM-D E-M1X, kamera dilengkapi dengan mode pemotretan baru yang disebut sebagai Pro Capture. Ketika anda menekan tombol rana setengah penuh, E-M1 II akan menangkap bingkai secepat mungkin dan buffer untuk mendapatkan frame yang bagus.

Secara default, Olympus E-M1X memiliki rentang sensitivitas 200 hingga 25.600 ekuivalen dan dapat diperluas ke ISO 64-equivalen. E-M1X juga menawarkan fungsi ISO Otomatis, yang akan memilih sensitivitas secara otomatis untukanda gunakan. Ini memiliki rentang standar ISO 64 hingga 6400.

Olympus E-M1X dilengkapi dengan pemasangan lensa Micro Four Thirds. Itu berarti kamera juga menerima lensa Four Thirds dan banyak jenis lensa lainnya melalui adaptor opsional. Seperti halnya E-M1 dan E-M1 II sebelumnya, E-M1X mendukung lensa Four Thirds jauh lebih baik daripada model OM-D dan PEN sebelumnya. Ini berkat kehadiran autofokus pendeteksi fase on-chip.

Olympus E-M1X mencakup sistem autofokus Dual FAST AF. Ini menawarkan 121 titik AF deteksi kontras dan 121 titik AF deteksi fase. Titik terakhir adalah cross-types yang peka terhadap detail pada sumbu horizontal dan vertikal. Cakupan titik AF adalah 75% secara vertikal dan 80% secara horizontal. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Canon EOOS R TerbaruOlympus OM-D E-M1X Review Indonesia

Seperti E-M1 dan E-M1 II sebelumnya, Olympus E-M1X benar-benar dapat memberikan titik AF deteksi kontras yang lebih jauh di seluruh bingkai gambar ketika granularitas ekstra diperlukan. Dalam mode AF Bingkai yang Diperbesar, total 800+ titik fokus tersedia di seluruh bingkai gambar. Sistem bekerja hingga tingkat cahaya serendah -6EV dengan lensa F1.2.

Sekarang Olympus dan Epson telah bekerja sama untuk menciptakan teknologi sensor gyro. Kerja sama ini menghasilkan sistem stabilisasi gambar 7.5-stop yang telah dipasangkan pada E-M1X. Stabilisasi gambar mekanis juga dapat digunakan untuk pengambilan film.

Olympus mirrorless camera ini menggunakan sistem empat elemen optik baru untuk jendela bidik elektronik yang masih memiliki resolusi 2,36 juta titik. Sekarang memiliki kecepatan refresh 120 frame non-interlaced per detik dan perbesaran 0,83x jika Anda mengaktifkan overlay info (Finder Style 3).

Monitor LCD E-M1X berukuran 3 inci dengan resolusi 1.037.000-titik dan sudah memiliki fitur touch-screen. Sayangnya layar hanya dapat dimiringkan dan diputar kedalam. Ada kontrol +/- 7 langkah untuk kecerahan dan warna serta dua pilihan nada warna yaitu jelas atau alami, sehingga anda dapat menyesuaikan tampilan dengan sesuai selera. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Nikon Z7 TerbaruHarga Olympus OM-D E-M1X

Seperti saudara kandungnya, Olympus E-M1X dapat merekam video ultra high-def. Untuk pengambilan Full HD atau HD, memiliki kecepatan bingkai maksimum 120 fps. Anda dapat merekam video 4K (3.840 x 2.160 piksel) pada 24, 25 atau 30 frame per detik, dan Full HD atau HD (1.280 x 720 piksel) pada 24, 25, 30, 50, 60 atau 120 frame per detik.

Dibagian konektivitas nirkabel, Olympus sudah menambahkan 802.11ac (Wi-Fi 5) ke dalam E-M1X untuk penambatan yang lebih cepat. Sayangnya NFC tidak dipasangkan, sebagai gantinya, Olympus membekali Bluetooth atau kode Respon Cepat. Setelah menginstal aplikasi untuk perangkat Android atau iOS, anda memindai kode QR ini menggunakan kamera smarphone anda.

Kemudian koneksi akan dikonfigurasi antara kedua perangkat secara otomatis. Setelah terhubung, anda tidak hanya dapat mengunduh film atau gambar, tetapi juga mengontrol kamera dari jarak jauh.

Olympus E-M1X dapat membuat koneksi data SuperSpeed ​​USB 3.0 yang cepat dengan komputer anda melalui port USB Type-C standar. Adaptor dan kabel pihak ketiga tersedia jika komputer anda belum mendukung standar baru ini. E-M1X juga menyediakan port Micro Type-D HDMI yang mendukung output video 4: 2: 2 dan tidak terkompresi hingga resolusi C4K.

Mikrofon dan jack headphone 3,5 mm disediakan, untuk merekam suara secara eksternal dan untuk memantau level audio selama pengambilan video. Konektivitas kabel lainnya mencakup flash hot shoe dan terminal sinkronisasi flash dan jack jarak jauh 2,5 mm yang kompatibel dengan remote control RM-CB2 opsional. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Fujifilm GFX 50 R Terbaru

Hasil Foto Olympus OM-D E-M1XHasil Olympus OM-D E-M1X

Hasil Jepretan Olympus OM-D E-M1X

Hasil Jepretan Kamera Olympus OM-D E-M1X

Hasil Foto Olympus OM-D E-M1X

Hasil Foto Kamera Olympus OM-D E-M1X

E-M1X menyimpan gambar dan film pada kartu Secure Digital dalam slot ganda. Kedua slot kartu sekarang kompatibel dengan kartu UHS-II berkecepatan tinggi. Keduanya juga masih kompatibel dengan kartu SDHC dan SDXC berkapasitas lebih tinggi, serta dengan jenis UHS-I.

Untuk sumber daya, Olympus menggunakan baterai lithium-ion BLH-1 yang sama dengan yang dimiliki oleh E-M1 II. Baterai tersebut mampu bertahan hingga 870 tembakan tanpa penggunaan flash dan dengan standar pengujian CIPA. Mode hemat daya dapat memperpanjang ini hingga 2.580 frame.

Dengan beberapa perombakan yang menghasilkan peningkatan tajam, ini membuat harga Olympus OM-D E-M1X cukup mahal. Kamera ini dibanderol sebesar 42 jutaan untuk body only saja belum termasuk lensa kit. Meskipun mahal, namun ini memang kamera yang diperuntukan untuk fotografer profesional. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Canon EOS M10 Terbaru

Spesifikasi Olympus OM-D E-M1X

Body type
Body type SLR-style mirrorless
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 5184 x 3888
Image ratio w:h 4:03
Effective pixels 20 megapixels
Sensor photo detectors 22 megapixels
Sensor size Four Thirds (17.4 x 13 mm)
Sensor type CMOS
Processor Dual TruePic VIII
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 200-25600 (expands down to 64)
Boosted ISO (minimum) 64
White balance presets 7
Custom white balance Yes (4 slots)
Image stabilization Sensor-shift
Image stabilization notes 7.5 stops with 12-100mm lens at 100mm. Otherwise 7 stops
CIPA image stabilization rating 7.5 stop(s)
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Super fine, fine, normal
File format JPEG (Exif v2.31)
Raw (12-bit ORF)
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Autofocus assist lamp Yes
Manual focus Yes
Number of focus points 121
Lens mount Micro Four Thirds
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3″
Screen dots 1,037,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Electronic
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 1.48× (0.74× 35mm equiv.)
Viewfinder resolution 2,360,000
Photography features
Minimum shutter speed 60 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Maximum shutter speed (electronic) 1/32000 sec
Exposure modes Program
Aperture priority
Shutter priority
Manual
Built-in flash No
External flash Yes (via hot shoe or flash sync port)
Flash modes Redeye, Fill-in, Flash Off, Red-eye Slow sync (1st curtain), Slow sync.(1st curtain), Slow sync (2nd curtain), manual
Flash X sync speed 1/250 sec
Drive modes Single
Continuous
Bracketing
Self-timer
Continuous drive 60.0 fps
Self-timer Yes (2 or 12 secs, custom)
Metering modes Multi
Center-weighted
Highlight-weighted
Spot
Spot AF-area
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV, 1 EV steps)
AE Bracketing ±5 (5, 7 frames at 1/3 EV, 1 EV steps)
WB Bracketing Yes
Videography features
Format MPEG-4, H.264
Modes 4096 x 2160 @ 24p / 237 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
3840 x 2160 @ 30p / 102 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
3840 x 2160 @ 25p / 102 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
3840 x 2160 @ 24p / 102 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
1920 x 1080 @ 60p / 52 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
1920 x 1080 @ 50p / 52 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
1920 x 1080 @ 30p / 202 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
1920 x 1080 @ 25p / 202 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
1920 x 1080 @ 23.98p / 202 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage included Dual SD/SDHC/SDXC cards
Connectivity
USB USB 3.1 Gen 1 (5 GBit/sec)
USB charging Yes (USB-PD allows charging by laptop or external power bank)
HDMI Yes (micro-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11ac + Bluetooth
Remote control Yes (via smartphone or wired remote)
Physical
Environmentally sealed Yes (to IPX1 standards)
Battery Built-in
Battery description Two BLH-1 lithium-ion batteries
Battery Life (CIPA) 870
Weight (inc. batteries) 997 g (2.20 lb / 35.17 oz)
Dimensions 144 x 147 x 75 mm (5.67 x 5.79 x 2.95″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS Built-in
GPS notes Also captures direction, temperature, pressure and acceleration

Harga Olympus OM-D E-M1X Terbaru

Varian Kamera Harga
Olympus OM-D E-M1X Body Only Rp. 42.450.000

Demikian ulasan singkat mengenai Spesifikasi dan Harga Olympus OM-D E-M1X Terbaru yang bisa saya berikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda dalam mencari kamera mirrorless yang sesuai dengan kriteria anda. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Nikon Z6 Terbaru

Perlu anda ketahui, harga yang tertera diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Sesuai dengan kebijakan dari Olympus dan Toko Kamera yang menjual kamera tersebut. Terima kasih.