Spesifikasi dan Harga Fujifilm Instax SQ20 Terbaru Februari 2019

Posted on

Harga Fujifilm Instax SQ20 – Instax SQ20 adalah kamera instan ketiga dari Fujifilm yang menggunakan kartrid Install Square. Kamera ini menghasilkan cetakan kotak instan berukuran 2,4 × 2,4 atau 62x62mm di atas kertas yang berukuran 86x72mm. Seperti SQ10 sebelumnya, ini adalah model digital yang menggunakan sensor resolusi rendah untuk menangkap gambar.

SQ20 mewarisi efek filter dari SQ10 tetapi menambahkan kemampuan untuk menangkap klip video 15 detik. Ada juga 4x digital zoom tanpa kehilangan kualitas pada cetakan kecil, serta mode kolase baru. Selain teknologi hybrid capture-to-print yang unik, kamera ini juga ditandai dengan desain fisiknya yang simetris dan penuh gaya dengan tombol rana ganda.

Kamera juga dibekali dengan lensa setara 33,4mm f / 2.4 dan built-in flash. Dibagian belakang teredapat LCD 2,7 inci denga “230k- dot untuk melihat hasil foto Fujifilm Instax SQ20, editing dan pengaturan pencetakan. Fujifilm Instax SQ20 ini dibanderol sebesar 2,9 jutaan. Sedangkan untuk harga kertas kamera instax isi 10 lembar dibanderol sebesar 150 ribu dan isi 20 lembar sebesar 230 ribu.

Spesifikasi dan Harga Kamera Fujifilm Instax SQ20 TerbaruHarga Fujifilm Instax SQ20 Terbaru

Pada dasarnya SQ20 adalah generasi penerus dari Instax SQ10, yang merupakan kamera instan pertama Fujifilm yang mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Meskipun mengalami upgrade, namun SQ20 terasa agak tanggung terutama untuk fiturnya. Ada 3 tambahan fitur utama yaitu video, efek kreatif dan zoom.

Fitur pengambilan video dibatasi hingga 15 detik saja. Berbagai jenis filter gaya Instagram dan efek kolase dapat diterapkan, dilihat, dan dicetak dengan menggunakan tombol di bagian belakang. SQ20 adalah model instax pertama yang memiliki opsi zoom. Kamera memiliki zoom digital 4x yang bekerja dengan baik terhadap efek diorama Lego.

Seperti kamera lain dari seri Instax Fuji, SQ20 dibuat dari bahan plastik. Ini membantu menjaga harga tetap rendah, tetapi hasil akhir yang mengkilap dan berat akan memberikan kesan mewah. Bentuk persegi cocok dengan foto persegi yang dikeluarkan dari atas kamera. Tombol rana di kedua sisi lensa membuat SQ20 cocok untuk pemotretan kiri dan kanan.

Cermin pada laras lensa akan memudahkan pengguna untuk melakukan foto selfie. Lensa juga dapat diputar ke kiri dan kanan untuk memperbesar dan memperkecil hingga 4x. Tombol dengan desain melingkar akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan kamerea. Mulai dari menavigasi menu dan meninjau foto. Sedangkan tombol khusus memungkinkan anda mengubah efek pencahayaan, sketsa dan gambar dengan cepat. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Fujifilm Instax Square SQ6 TerbaruSpesifikasi Fujifilm Instax SQ20

Penutup pelindung di samping menyembunyikan slot kartu microSD dan port pengisian microUSB. Port USB juga dapat digunakan untuk mentransfer file dari memori internal kamera ke PC. Sayangnya kamera belum dibekali dengan fitur konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth yang berguna untuk menghubungkan kamera ke smartphone.

Tidak seperti kamera Instax lainnya, SQ20 tidak memiliki jendela bidik optik. Anda bisa menggunakan layar LCD 2,7 inci, 230k-dot untuk membidik objek. Ini adalah resolusi yang lebih kecil dan lebih rendah daripada SQ10.

Filter warna bergaya Instagram dapat ditambahkan sebelum atau setelah anda menekan tombol rana. Tetapi mode kolase hanya berfungsi saat anda memotret, bukan setelah. Ada juga mode baru termasuk kolase timeshift, yang menangkap empat pemotretan antara 0,2 dan 2 detik terpisah, dan pengambilan video.

Baterai SQ20 mampu bertahan cukup lama dan bisa digunakan untuk mencetak hingga 100 lembar. Penyimpanan built-in dapat menampung sekitar 50 gambar foto. Sayangnya, baterai tidak bisa dicopot, sehingga anda tidak bisa menggantinya dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih banyak. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Canon Powershot G1X Mark IIIFujifilm Instax SQ20 Review Indonesia

SQ20 menyimpan hasil foto dalam bentuk digital dengan resolusi 1920 × 1920 yang agak datar dan kurang detail. Ini tidak sebagus dengan smartphone entry-level. Noise sangat terlihat ketika memotret di dalam ruangan dan dalam cahaya redup. Meskipun sudah menggunakan blitz internal, namun hanya mampu melakukan sedikit peningkatan cahaya.

Klip video direkam pada 15fps dan tanpa suara. Efek filter gambar diam menawarkan 12 gaya retro dan beberapa sketsa dan kontrol kecerahan juga dapat diterapkan. Mode bulb dan fitur paparan ganda dapat menghasilkan efek kreatif.

Tetapi tambahan yang benar-benar baru pada SQ20 adalah fitur kolase timeshift di mana empat gambar dapat ditangkap pada satu waktu, dengan perbedaan waktu antara 0,2 dan 2 detik. Hasilnya adalah kolase dari empat bidikan yang khususnya berguna untuk menangkap gerakan dan aksi dinamis. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Nikon Coolpix P1000 TerbaruReview Fujifilm Instax SQ20 Indonesia

SQ20 adalah kamera digital terbaik yang mampu melakukan dua pekerjaan sekaligus, antara fotografi digital dan instan. Mampu memilih foto mana yang akan dicetak sekarang dan yang akan disimpan di memori internal kamera.

Anda bebas bereksperimen dengan semua efek dan mode untuk mengasah kreatifitas anda dengan hasil edit anda. Begitu puas berkesperimen, anda bisa segera mencetak untuk kepuasan anda sendiri.

Sebagai kamera hybrid, SQ20 lebih fleksibel daripada pendahulunya berkat penambahan cerdas seperti penangkapan video, zoom digital, dan filter gaya Instagram. Desainnya memang kurang semenarik para pesaing, namun adanya LCD yang bisa melihat hasil foto sebelum dicetak menjadi kelebihan Instax SQ20.

Mungkin terasa seperti curang bagi kamera instan, tetapi masih merupakan batu loncatan yang efektif antara fotografi digital dan analog. Menariknya lagi, harga Fujifilm Instax SQ20 ini juga tidak terlalu mahal yaitu sebesar 2,9 jutaan. Sedangkan untuk kertas film di jual dengan harga sebesar 150 ribu untuk isi 10 lembar dan 230 ribu untuk 202 lembar. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Fujifilm XF10 Terbaru

Spesifikasi Fujifilm Instax SQ20

Camera
Image sensor 1/5-in., CMOS with primary color filter
Effective pixels 1920 x 1920
Storage media Built-in memory, microSD/microSDHC memory card
Recording capacity (still picture) Built-in memory:Approx. 50 files (still picture), Approx. 30 seconds(movie) microSD/microSDHC memory card:Approx. 1000 files per 1 gigabyte
Recording capacity (movie) microSD/microSDHC memory card: Approx. 3 minutes (total) per 1 gigabyte
File system Still picture: Compliant with Design Rule for Camera File System (DCF), Exif Ver.2.3, Compliant with JPEG and PIM
Movie: 800 x 800 x 15 fps, H.264 (No sound can be recorded.)
Focal length Fixed as 33.4 mm (35-mm format equivalent)
Aperture F2.4
Auto focus system Single AF (Contrast-detect TTL, equipped with AF illuminator)
Continuous AF (Only for movie shooting)
Focus range 10cm/3.9 in. to ∞
Shutter speed 1/7500 sec. to 1/2 sec. (Auto), maximum 10 sec. in Bulb mode
Sensitivity ISO 100 to 1600 (Auto)
Exposure control Programmed AE
Exposure compensation -2.0 EV to +2.0 EV in increments of 1/3 EV
Metering 256-segment through the lens (TTL) metering, Multi metering
White balance Auto
Flash Auto / Compulsory flash / Suppressed flash
Effective range: Approx. 50 cm to 2 m
Shooting mode Standard, Double exposure, Bulb mode, Split, Collage, Time Shift Collage
Self-timer Approx. 10 sec./Approx. 2 sec.
Image effect For both still images and video: 16 filters, Brightness adjustment, Vignette
Dedicated to video: 3 filters
Dedicated to still images: 2 filters
Playback function Trimming, Multi image playback
Printer
Film FUJIFILM Instant Film “instax SQUARE” (Purchased separately)
Photo capacity 10 prints/pack
Film size 86 mm x 72 mm/3.4 in. x 2.8 in.
Image size 62 mm x 62 mm/2.4 in. x 2.4 in.
Supported image size 800 x 800 dots
Printing solution 12.5 dots/mm (318 dpi, 80 μm dot pitch)
Printing levels 256 levels per color (RGB)
Supported image format JPEG (Some images saved with a photo editing/processing software may not be displayed or printed.) JPEG files captured from a movie file can be printed.
Printing time Approx. 12 seconds
Print timing Printing shortly after shooting/Printing after selecting image
Printing function Images on built-in memory/micro SD card
Reprint Printable up to the past 50 prints (Up to 50 images stored in print history)
Digital zoom Up to 4 X in shooting/printing
Others
LCD monitor 2.7-in. (6.9 cm) TFT color LCD monitor,
Pixels: Approx. 230k-dots
External interface Micro USB Micro-B (For charging/file copying)
Power supply Li-ion battery (Built-in, Cannot be removed.)
Charging function Built-in
Printing capacity Approx. 100 prints (From when the battery is charged fully)
* Varies depending on the conditions of use.
Charging time Approx. 2 to 3 hours (Using 0.5 A USB port)
* Varies depending on air temperature.
Dimension 119 mm x 50 mm x 127 mm/4.7 in. x 2 in. x 5 in. (W x D x H)
Weight 390 g/13.8 oz. (excluding film pack and memory card)
440 g/15.5 oz. (including film pack and memory card)
Operating environment Temperature: 5 °C (41 °F) to 40 °C (104 °F)
Humidity: 20% to 80% (no condensation)

Harga Fujifilm Instax SQ20 Terbaru

Varian Kamera Harga
Fujifilm Intax Square SQ20 Rp. 2.999.000
Film Instax Square Polos Isi 10 Lembar Rp 150.000
Film Instax Square Twinpack Polos Isi 20 Lembar Rp 230.000

Demikian ulasan singkat mengenai Spesifikasi dan Harga Fujifilm Instax SQ20 Terbaru yang bisa saya berikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda dalam mencari kamera instan yang sesuai dengan kriteria anda. Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Canon Powershot SX740 HS Terbaru

Perlu anda ketahui, harga yang tertera diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Sesuai dengan kebijakan dari Fujifilm dan Toko Kamera yang menjual kamera instan tersebut. Terima kasih.